Sihombing, Hotmika (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 8156171011 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2.NIM.8156171011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3.NIM.8156171011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4.NIM. 8156171011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5.NIM.8156171011TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6.NIM.8156171011 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7.NIM.8156171011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8.NIM.8156171011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9.NIM. 8156171011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
13.NIM. 8156171011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14.NIM.8156171011.BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, (2) Kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, dan (3) Efektifitas bahan ajar yang dikembangkan dengan pembelasajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognitif.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LAS, Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Koneksi Matematis Siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-II dan uji coba II di kelas VII-3 SMP Swasta Babalan Pangkalan Berandan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (2) Adanya peningkatan kemampuan koneksi menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) bahan ajar memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari: a) ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara klasikal; b) ketuntasan kemampuan koneksi matematis siswa secara klasikal; c) kemampuan guru mengelola pembelajaran; dan c) aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sih p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Pembelajaran berbasis masalah; Pendekatan metakognitif; Kemampuan berpikir kreatif matematis; Kemampuan koneksi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27260 |