Priyanti, Dwi (2017) PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KETERAMPILAN DI KELAS IV SD. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182012 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8156182012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 8156182012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 8156182012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 8156182012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 8156182012 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 8156182012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8156182012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8156182012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13. NIM 8156182012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. NIM 8156182012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam melaksanakan penilaian autentik aspek keterampilan di kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research & develpment) yaitu suatu proses penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik aspek keterampilan di kelas IV SD. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Percobaan Kota Medan, dan ahli validasi sebanyak 5 orang yang memiliki kriteria sebagai : (a) ahli materi PKn, (b) ahli materi IPS, (c) ahli materi Bahasa Indonesia, (d) ahli Bahasa Indonesia, dan (e) ahli desain. Sebagai objek penelitian adalah pengembangan instrumen penilaian autentik aspek keterampilan siswa. Hasil analisis awal terhadap buku guru dan buku siswa kelas IV SD tema 7 Cita-Citaku dengan subtema Aku dan Cita-Citaku, Hebatnya Cita-Citaku, dan Giat Meraih Cita-Cita, bahwa tidak ditemukan instrumen penilaian keterampilan secara terperinci pada setiap subtema pembelajaran. Berdasarkan perolehan skor validasi dari masing-masing ahli nilai skor rata-rata pada kajian materi PKn 92,85% dengan kategori sangat valid, nilai skor rata-rata pada kajian materi IPS 78,57% dengan kategori valid, nilai skor rata-rata pada kajian materi bahasa Indonesia 94,64% dengan kategori sangat valid, nilai skor rata-rata pada kajian kebahasaan 93,75% dengan kategori sangat valid, dan nilai skor rata-rata pada kajian desain 85,93% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba 1 dan uji coba 2 memperoleh nilaia rata-rata 94,53% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan angket instrumen penilaian autentik aspek keterampilan kurikulum 2013 yang diberikan kepada guru tidak kesulitan menggunakan instrumen tersebut, sehingga instrumen penilaian autentik aspek keterampilan sudah valid dan dapat digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.044 Pri p |
Keywords: | Penilaian Autentik; Aspek Keterampilan; Instrumen Penilaian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:31 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27258 |