Fitri, Anisa (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171007 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8136171007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM. 8136171007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 8136171007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM. 8136171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 8136171007 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8136171007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8136171007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136171007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM. 8136171007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
14. NIM. 8136171007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN di sibolga dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan PMR yang dikembangkan; 2) validitas perangkat PMR yang dikembangkan ; 3) Efektifitas perangkat berbasis PMR yang dikembangkan terhadap kemampuan komunikasi dan motivasi belajar, dan 4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi dan motivasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan oleh dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat matematika realistik berbasis pendekatan matematika realistik dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat berbasis PMR yang dikembangkan dikelas VIII SMPN 3 dan VIII SMPN 8 Sibolga. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi dan motivasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan; 2) perangkat PMR yang dikembangkan valid dengan rata-rata validitas, RPP = 4,40 ; buku siswa (BS) = 4,32 ; buku guru (BG) = 4,20 ; LAS = 4,26 ; 3) Perangkat berdasarkan PMR yang dikembangkan efektif, ditinjau dari : a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai target yaitu 85%; b) waktu pembelajaran yang digunakan telah ditetapkan efesien; c) Respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat dan kegiatan pembelajaranpositif ; dan 4) Proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Fit p |
Keywords: | Pengembangan perangkat; Model 4-d; PMR; Komunikasi matematis; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:30 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27252 |