Simanullang, Susi Ratna Sari (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111057 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4133111057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 4133111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM 4133111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 4133111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 4133111057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM 4133111057 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 4133111057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM 4133111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM 4133111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 4133111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan perangkat yang dikembangkan, (3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah sebanyak 12 orang siswa kelas VIII sebagai uji kelompok kecil dan sebanyak 38 orang siswa SMP Negeri 18 Medan kelas VIII-5 sebagai uji kelas nyata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba kelompok kecil sebesar 91,67% dan pada uji coba kelas nyata 89,19% b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelas nyata, c) respon siswa terhadap pembelajaran positif pada uji coba kelompok kecil sebanyak 25% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 75% siswa merespon dengan kategori baik dan pada uji coba kelas nyata sebanyak 29,73% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 64,86% merespon dengan kategori baik, dan d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelas nyata; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada uji coba kelompok kecil sebesar 60,25 pada pretest meningkat sebesar 21 menjadi 81,25 pada postest, pada uji coba kelas nyata sebesar 59,05 pada pretest meningkat sebesar 24,36 menjadi 83,41 pada postest dan banyak siswa yang tuntas pada kelompok kecil sebesar 25% pada pretest meningkat 66,67% menjadi 91,67% pada postest dan pada uji kelas nyata sebesar 8,11% meningkat 81,08 menjadi 89,19% pada postest. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dikembangkan adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 133 |
Keywords: | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN; PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 05:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27234 |