Purba, Ahsanul Fuad (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133311004 Judul.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
2. 4133311004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. 4133311004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. 4133311004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. 4133311004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. 4133311004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. 4133311004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. 4133311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
12. 4133311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. 4133311004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa hasil belajar matematika
siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together
(NHT) lebih tinggi daripada Think Pair Share (TPS) pada materi Fungsi
Komposisi di kelas XI SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar Tahun Ajaran
2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Tebing Syahbandar yang
terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 196 orang. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster sampling, dengan teknik ini, pengambilan sampel bukan
berdasarkan individu, melainkan mengacu pada kelompok. Untuk menentukan
ukuran sampel yang akan digunakan maka dapat ditentukan dengan rumus Taro
Yamane atau Slovin. Dari 6 kelas, diambil 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen
A yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen B yang berjumlah 34 orang.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa
adalah tes yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil post test dari kelas eksperimen A dengan model
pembelajaran NHT dan kelas eksperimen B dengan model pembelajaran TPS
diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen A sebesar 75,50 dan nilai rata-rata kelas
eksperimen B sebesar 65,91. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 68 dan =
0,05, diperoleh thitung = 3,56 dan ttabel = 1,9989 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,56 >
1,9989 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil
akhir penelitian menunjukkan bahwa fasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together
(NHT) lebih tinggi daripada model kooperatif tipe (NHT) Think Pair Share (TPS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 150 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT), MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:30 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27220 |