Milan, Vivi (2017) APLIKASI METODE SAVING HEURISTIC DALAM PENGOPTIMALAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK WHOLE CHICKEN DI PT. EXPRAVET NASUBA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132230018_COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 4132230018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM. 4132230018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 4132230018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM. 4132230018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM. 4132230018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 4132230018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 4132230018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 4132230018_BAB I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
12. NIM. 4132230018_BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13. NIM. 4132230018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan suatu permasalahan yang berhubungan
dengan penentuan rute optimal yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan
memperhatikan kendala yang ada dalam melayani sejumlah customers dengan
jumlah permintaan yang telah diketahui sebelumnya. Salah satu variasi dari VRP
adalah capacited vehicle routing problem (CVRP), dimana kapasitas kendaraan yang
digunakan sebagai kendala yang dihadapi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk
menjelaskan penggunaan model CVRP dalam pembentukan rute distribusi produk
whole chicken di PT. Expravet Nasuba yang diselesaikan dengan menggu-nakan
metode Clarke and Wright Heuristic atau yang juga dikenal dengan saving heuristic.
Saving heuristic merupakan metode yang memperhitungkan penghe-matan jarak
(saving) yang mucul dari penggabungan dua customers kedalam sebuah rute.
Pengalokasian customers ke dalam rute didasarkan pada urutan nilai penghe-matan
yang diperoleh. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dalam menye-lesaikan
permasalahan CVRP menggunakan metode saving heuristic diperoleh rute usulan
distribusi dengan total jarak tempuh kendaraan yaitu 227,781 km. Sedangkan total
jarak tempuh kendaraan perusahaan saat ini adalah 315,525 km. Rute usulan yang
dihasilkan memberikan penghematan jarak sebesar 87,744 km atau 27,8% dari total
jarak tempuh yang dimiliki perusahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 160 |
Keywords: | Capacited Vehicle Routing Problem (CVRP), rute distribusi, saving heuristic |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB238 Competition. Production. Wealth Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:22 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27211 |