Rahmadia, Syafhira (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN HEURISTIK DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS VIII SMP SWASTA KARTIKA I-2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111058 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4133111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4133111058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4133111058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 4133111058 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 4133111058 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 4133111058 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. NIM 4133111058 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. NIM 4133111058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM 4133111058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM 4133111058 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa menggunakan pembelajaran Heuristik lebih tinggi dibandingkan
menggunakan pembelajaran Inkuiri di kelas VIII SMP Swasta Kartika I – 2
Medan semester ganjil T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Swasta Kartika I – 2 Medan dengan sampel penelitian adalah siswa kelas
VIII – 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII – 3 kelas eksperimen 2 yang
masing – masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah menggunakan tes. Data yang diperoleh berupa post – test atau tes setelah
perlakuan. Analisis data yang dilakukan berupa menghitung rata – rata skor,
menghitung standar deviasi, menguji normalitas, homogenitas dan menguji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata dari kelas eksperimen 1
(Heuristik) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 (Inkuiri) yaitu
79,08 sedangkan inkuiri adalah 71,92. Dari hasil uji normalitas diperoleh bahwa
kedua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal dengan Lhitung di kelas
eksperimen 1 (Heuristik) adalah 0,1348 dan di kelas eksperimen 2 (Inkuiri) adalah
0,1268 karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,161) maka kedua data berdistribusi
normal. Selain itu, dari hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung adalah 1,369 lebih
kecil dari Ftabel (1,858) yang berarti bahwa kedua data memiliki varians yang
sama. Setelah diketahui bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan
homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Dari hasil uji hipotesis
diperoleh thitung adalah 2,383 lebih besar daripada ttabel (1,671) yang berarti bahwa
H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran
Heuristik lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
yang diajar menggunakan pembelajaran Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 173 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, HEURISTIK, INKUIRI |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:11 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27198 |