Permata Sari, Hernita (2017) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111027 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 4133111027 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM 4133111027 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
4. NIM 4133111027 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
5. NIM 4133111027 CONTENTS_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM 4133111027 LIST OF ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
7. NIM 4133111027 LIST OF TABLE_docx.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
8. NIM 4133111027 LIST OF APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
9. NIM 4133111027 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4133111027 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
14. NIM 4133111027 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
representasi matematika siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses
penyelesaian soal atau masalah yang berkaitan dengan kemampuan representasi
matematika yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran
matematika realistik pada sub pokok bahasan kekongruenan dan kesebangunan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action
research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Sultan
Iskandar Muda Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 39 orang dan objek
penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik
untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa pada sub pokok
bahasan kekongruenan dan kesebangunan. Instrumen dalam penelitian yang
digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan representasi
matematika subjek penelitian pada sub pokok bahasan kekongruenan dan
kesebangunan mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan representasi
matematika I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek
penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan representasi matematika
40% (sangat rendah) dan mengalami peningkatan pada TKRM I dengan capaian
rata-rata skor tes sebesar 64,33% (rendah) dan meningkat lagi pada TKRM II
dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 76,75% (sedang). Untuk kemampuan
representasi matematika per aspek/indikator secara umum juga mengalami
peningkatan dengan rincian sebagai berikut : (1) aspek visual, persentase nilai
rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 45%, pada TKRM I 69,75%, dan pada
TKRM II 80,75%; (2) aspek ekspresi matematis, persentase nilai rata-rata
kemampuan pada tes diagnostik 42%, pada TKRM I 68%, dan pada TKRM II
78,25%; (3) aspek kata-kata atau teks tertulis, persentase nilai rata-rata
kemampuan pada tes diagnostik 33%, pada TKRM I 55,25%, dan pada TKRM II
71,25%. Begitu juga untuk hasil analisis data aktivitas siswa mengalami
peningkatan dari siklusi I ke silklus II.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan
pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan representasi
matematika subjek penelitian pada sub pokok bahasan kekongruenan dan
kesebangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 182 |
Keywords: | Matematika,Pendekatan Pembelajaran,Matematika Realistik,Ausubel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:05 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27189 |