Karo-Karo, Sukarto (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP METHODIST SEKOTAMADYA MEDAN PADA MATERI EKOSISTEM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156173036 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8156173036 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
3. NIM 8156173036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM 8156173036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM 8156173036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM 8156173036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 8156173036 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8156173036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156173036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM 8156173036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 8156173036 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Kualitas pendidikan Indonesia perlu mendapat perhatian yang sangat serius karena masih dalam tingkat yang rendah. Upaya yang dilakukan dengan menerapkan suatu inovasi pembelajaran di bidang pendidikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan disekolah Methodist, pembelajaran Biologi masih belum secara maksimal menggunakan model pembelajaran bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh aplikasi media Peta pikiran pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kreatif siswa dan hasil belajar. Jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan pola pre dan post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah Methodist sekota madya medan yaitu siswa kelas VII SMP yang memiliki Akreditasi Sekolah A,yaitu SMP Methodist 1 Medan, SMP Methodist 5 Medan dan SMP Methodist 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah masing-masing minimal 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Analisa data yang digunakan uji t independen dan uji pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah bermediakan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa dengan p= 0,000 < 0,05, ada pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah bermediakan peta pikiran terhadap berpikir kreatif siswa dengan p= 0,000 < 0,05, ada hubungan antara berpikir kreatif siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah bermediakan peta pikiran dengan p=0,000 < 0,05. Disarankan para guru untuk dapat merancang instrument atau strategi, model, metode, maupun media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Kar p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Peta Pikiran; Hasil Belajar; Berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 17:11 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 10:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27161 |