PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP METHODIST SEKOTAMADYA MEDAN PADA MATERI EKOSISTEM

Karo-Karo, Sukarto (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP METHODIST SEKOTAMADYA MEDAN PADA MATERI EKOSISTEM. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156173036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156173036 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156173036 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156173036 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156173036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156173036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156173036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156173036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156173036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156173036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156173036 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156173036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156173036 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156173036 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156173036 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156173036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156173036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156173036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156173036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156173036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156173036 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156173036 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia perlu mendapat perhatian yang sangat serius karena masih dalam tingkat yang rendah. Upaya yang dilakukan dengan menerapkan suatu inovasi pembelajaran di bidang pendidikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan disekolah Methodist, pembelajaran Biologi masih belum secara maksimal menggunakan model pembelajaran bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh aplikasi media Peta pikiran pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kreatif siswa dan hasil belajar. Jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan pola pre dan post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah Methodist sekota madya medan yaitu siswa kelas VII SMP yang memiliki Akreditasi Sekolah A,yaitu SMP Methodist 1 Medan, SMP Methodist 5 Medan dan SMP Methodist 6 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah masing-masing minimal 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Analisa data yang digunakan uji t independen dan uji pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah bermediakan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa dengan p= 0,000 < 0,05, ada pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah bermediakan peta pikiran terhadap berpikir kreatif siswa dengan p= 0,000 < 0,05, ada hubungan antara berpikir kreatif siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah bermediakan peta pikiran dengan p=0,000 < 0,05. Disarankan para guru untuk dapat merancang instrument atau strategi, model, metode, maupun media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577.071 2 Kar p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Peta Pikiran; Hasil Belajar; Berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 17:11
Last Modified: 14 Nov 2017 10:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item
View Item