Nasution, Fitriyani (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122131007 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4122131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 4122131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM 4122131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 4122131007 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 4122131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 4122131007 TABLES .pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4122131007 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
9. NIM 4122131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4122131007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4122131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran saintifik dan Direct Instruction terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi pokok ikatan kimia. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat, yang berjumlah 4 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak berjumlah 60 siswa, 1 kelas sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan 1 kelas sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0.9234). Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen memiliki rata–rata nilai pretest 27,33 + 5,98 dan post-tes 79,50 + 9,50 dengan rata–rata gain sebesar 72,24%. Sedangkan siswa pada kelas Kontrol memiliki rata–rata nilai pretest 23,17 + 5,65 dan post-tes 73,17 + 8,65 dengan rata–rata gain sebesar 64,68%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan) dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = 2,6195 sedangkan ttabel = 1,6723 untuk α = 0,05 dan db = 58, sehingga thitung>ttabel. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran saintifik, dan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat pada pokok bahasan Ikatan Kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 249 |
Keywords: | saintifik, ikatan kimia, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 14:22 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27155 |