Sitinjak, Rei Mondo (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM INOVATIF BERBASIS PROYEK PADA MATERI HAKIKAT DAN PERAN ILMU KIMIA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131050 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 4133131050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM 4133131050 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM 4133131050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 4133131050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 4133131050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM 4133131050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4133131050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4133131050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
10. NIM 4133131050 BAB I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 413313130050 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15. NIM 4133131050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh modul penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester I pada materi hakikat dan peran ilmu kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di Sumatera Utara, seluruh guru kimia di SMA Negeri 10 Medan, seluruh dosen kimia di Unimed dan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 10 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas (30 siswa) SMA Negeri 10 Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis , design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Modul penuntun praktikum hakikat dan peran ilmu kimia terdiri dari percobaan: (1) materi dan perubahannya dan (2) unsur, senyawa, dan campuran. Standarisasi modul penuntun praktikum yang dikembangkan menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif dengan nilai rata-rata 3,73 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penutun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A= 3,00 dan penuntun praktikum B= 2,87). Uji coba modul penuntun praktikum meningkatkan hasil belajar rata-rata nilai efektivitas sebesar 71% dengan nilai rata-rata psikomotorik siswa 87,04. Data peningkatan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan satu kelompok. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > t1/2 (6,05>1,69) pada taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 252 |
Keywords: | Modul Penuntun Praktikum; Pengembangan; Hakikat dan Peran Ilmu Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 14:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27152 |