Fachrurrazi (2018) PENINGKATAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KOLABORATIF DI SMK NEGERI 1 TANAH LUAS ACEH UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8156132065 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 NIM 8156132065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
3 NIM 8156132065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4 NIM 8156132065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5 NIM 8156132065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6 NIM 8156132065 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7 NIM 8156132065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8 NIM 8156132065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
9 NIM 8156132065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13 NIM 8156132065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14 NIM 8156132065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui supervisi dengan pendekatan kolaboratif di SMK Negeri 1 Tanah Luas dan untuk mengetahui proses supervisi kolaboratif yang dapat meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran. Hipotesis tindakan ini adalah melalui penerapan supervisi dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanah Luas. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dari akhir bulan April sampai dengan bulan Juni tahun 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 (lima) orang guru SMK dengan mata pelajaran yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia dan Kewirausahaan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Peneliti menggunakan model penelitian Arikunto yang dirancang dengan proses siklus. Prosedur ini mencakup tahap-tahap : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. hasil penelitian di temukan bahwa pada siklus I kemampuan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran melalui supervisi kolaboratif dengan rata-rata 76% termasuk dalam katagori cukup dengan rincian diperoleh 2 orang guru (80,00), dan 2 orang guru (72,00) dan 1 (satu) orang guru (76,00). Hasil pada siklus II terdapat peningkatan pemanfaatan media pembelajaran melalui supervisi kolaboratif sebesar 88,8% termasuk dalam katagori baik dengan rincian diperoleh sebanyak 1 (satu) orang guru bernilai 96,00, 1 (satu) orang guru bernilai 92,00 dan 2 (dua) orang guru diperoleh nilai 84,00 serta 1 (satu) orang guru lainya 88,00. Sedangkan proses supervisi kolaboratif nilai rata-rata dari seluruh tahapan 71,53% tergolong dalam katagori cukup dengan rincian tahap perencanaan bernilai 70,83, tahap pelaksanaan 68,75 dan tahap refleksi 75,00. Selanjutnya hasil pelaksanaan pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan, sehingga hasil yang diperoleh memuaskan yaitu 84,78 % tergolong katagori baik dengan rincian tahap perencanaan bernilai 85,53, tahap pelaksanaan bernilai 84,21 dan tahap refleksi 84,62. Dengan demikian penerapan supervisi dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Luas yang dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Fac p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Supervisi; Kolaboratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:20 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27143 |