Mahulae, Parno Sumanro (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156175018 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 8156175018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM. 8156175018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
4. NIM. 8156175018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 8156175018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 8156175018 TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 8156175018 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 8156175918 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 8156175018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
13. NIM. 8156175018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
14. NIM. 8156175018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui apakah hasil keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional, mengetahui apakah hasil keterampilan proses sains siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan sikap ilmiah siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Medan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 66 orang. Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training terdiri atas 36 orang siswa, kelas X-1 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 33 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket sikap ilmiah dan keterampilan proses sains yang masing-masing terdiri dari 10 soal dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Mah e |
Keywords: | Model pembelajaran inquiry training; Pembelajaran konvensional; Sikap ilmiah; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27138 |