Khairani, Dewi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172057 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8156172057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM. 8156172057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4. NIM. 8156172057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 8156172057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8156172057 TABLE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 8156172057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM. 8156172057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
12. NIM. 8156172057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 8156172057 BIBLIOGRAPHY docx.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana: 1) validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dan 2) peningkatan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajarn (RPP), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), Tes Kemampuan Representasi Matematis (TKRM) dan angket disposisi matematis. Uji coba 1 dilakukan di kelas X IPA 2 dan uji coba 2 dilakukan di kelas X IPA 3 SMA Istiqlal Delitua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran valid, baik dari validitas isi maupun validtas konstruk, 2) perangkat pembelajaran praktis digunakan, dilihat dari penilaian validator, respon guru dan siswa bahwa perangkat mudah digunakan serta keterlaksanaan pembelajaran, 3) perangkat pembelajaran efektif, dilihat dari ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan respon positif siswa, 4) peningkatan kemampuan representasi siswa berada pada kategori sedang dan 5) adanya peningkatan disposisi siswa dari uji coba 1 ke uji coba 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Kha p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Representasi; Disposisi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:20 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27136 |