Pulungan, Syahrina Anisa (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8156171028 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8156171028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. NIM 8156171028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8156171028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5.NIM 8156171028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 8156171028 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 8156171028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8156171028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
12. NIM 8156171028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM.8156171028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keefektifan perangkat pembelajaran model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matemati ssiswa SMP Negeri 17 Medan, (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah, (3) Peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangka tpembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VII/1 dan VII/2 SMPN 17 Medan. Dari hasil ujicoba I dan ujicoba II diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan tes kemampuan berpikir kreatif secara klasikal, b) aktivitas siswa dalam toleransi yang telah ditetapkan,dan c) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif,; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan pada ujicoba I memperoleh rata-rata skor 77,94% dan meningkat pada ujicoba II dengan rata-rata skor 86,1%; 3) Peningkatan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan pada ujicoba I memperoleh rata-rata skor 83,44% dan meningkat pada ujicoba II dengan rata-rata skor 87,69%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Pul p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Problem based learning; Berpikir kreatif; Disposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27122 |