Desinta, Feny (2017) EFEK MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176007 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8156176007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. NIM. 8156176007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 8156176007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8156176007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM. 8156176007 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8156176007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8156176007 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8156176007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13. NIM. 8156176007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 8156176007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efek model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, untuk mengetahui efek kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan untuk mengetahui interaksi antara model Project Based Learning dan kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Balige T.P. 2016/2017. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model Project Based Learning menggunakan dan kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk essai sebanyak 8 soal dan instrumen kemandirian belajar bentuk angket sebanyak 40 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa yang menerapkan model Project Based Learning lebih baik daripada keterampilan berpikir kreatif dengan pembelajaran konvensional. Keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik daripada keterampilan berpikir kreatif siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Model Project Based Learning dan kemandirian belajar berinteraksi dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Des e |
Keywords: | Model project based learning; Kemandirian belajar; Keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27119 |