Daulay, Anggi Paramita (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172004 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8156172004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM. 8156172004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 8156172004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 8156172004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
6. NIM. 8156172004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM. 8156172004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 8156172004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
12. NIM. 8156172004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 8156172004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan, (2) Peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan, dan (3) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model Dick and Carey. Instrumen penelitian ini adalah Buku Guru, Buku Siswa, LKS, tes kemampuan penalaran matematis (TKPM), dan angket self-efficacy siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas X MIA 3 dan uji coba II di kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (2) Adanya peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan, yakni ditinjau dari: a) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, b) Ketercapaian tujuan pembelajaran, c) waktu pembelajaran yang efesien, dan d) Respon siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dau p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Problem based learning; Dick and carey; Kemampuan penalaran matematis; Self-efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27116 |