Farinsza, Irda Maya (2017) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII PADA TOPIK METABOLISME TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133141034. COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. 4133141034. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. 4133141034. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. 4133141034. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. 4133141034. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. 4133141034. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. 4133141034. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. 4133141034. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. 4133141034. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
10. 4133141034. BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. 4133141034. BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. 4133141034. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII Topik Metabolisme T.P 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa Biologi untuk SMA Kelas XII Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam penerbit Yrama Widya yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Buku tersebut dinilai oleh peneliti sendiri dan 3 orang guru selaku praktisi. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian melalui teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian aspek isi buku guru dan buku siswa sebesar 72,8% (penilaian para guru) dan 75% (penilaian peneliti), sehingga dapat dikategorikan Baik. Kesesuaian aspek penyajian pembelajaran buku guru dan buku siswa sebesar 90,3% (penilaian para guru) dan 82,1% (penilaian peneliti) dan dikategorikan Sangat Baik. Kesesuaian aspek evaluasi buku guru dan buku siswa sebesar 94,1% (penilaian para guru) dan 91,6% (penilaian peneliti) dan dikategorikan Sangat Baik. Dari ketiga aspek tersebut dapat diketahui bahwasanya kesesuaian buku guru dan buku siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 83,3% (penilaian para guru) dan 79,8% (penilaian peneliti). Sehingga dapat dikatakan buku guru dan buku siswa tersebut sesuai dalam aspek isi, penyajian pembelajaran, dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 167 |
Keywords: | KESESUAIAN; BUKU GURU; BUKU SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:19 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27115 |