Monalisa (2017) PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE DAN MODEL SCRAMBLE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132141018 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM 4132141018 PPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 4132141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
4. NIM 4132141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM 4132141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4132141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4132141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM 4132141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 4132141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 4132141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
14. NIM 4132141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Word Square dan Scramble pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA NEGERI 1 SELESAI T.P 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai T.P 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 155 orang. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sebagai kelas XI IPA1 yang berjumlah 40 orang menggunakan model Word Square dan sebagai kelas XI IPA3 yang berjumlah 39 orang menggunakan model Scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretes hasil belajar siswa kelas Word Square (43,4) dan rata-rata pretes hasil belajar kelas Scramble (43,2). Kemudian rata-rata postes hasil belajar siswa kelas Word Square (77,3) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata postes hasil belajar siswa kelas Scramble (73,43). Kemudian dilakukan pengujian hipotesis untuk kelas Word Square dan kelas Scramble dengan menggunakan uji-t. Setelah dilakukan pengujian data, ternyata diperoleh diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 1,887 > 1,665. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Word Square dan Scramble pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 172 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE, MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE, HASIL BELAJAR, AKTIVITAS SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27111 |