Panggabean, Sopan Sopian (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE FIRING LINE DIVARIASIKAN DENGAN AKSARA BERMAKNA TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA PARULIAN 1 MEDAN T. P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341023 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM 4133341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM 4133341023 Abstrack.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
4. NIM 4133341023 Preface.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM 4133341023 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM 4133341023 Tables.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 4133341023 Illustration.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM 4133341023 Appendices.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
9. NIM 4133341023 Chapter I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM 4133341023 Chapter V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. 4133341023 Bibliograpy.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran aktif tipe The Firing Line divariasikan dengan aksara bermakna terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan yang berjumlah 57 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 80 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 89.3% termasuk kategori tuntas, ketercapaian indikator mencapai 80.73 termasuk kategori tercapai, dan aktivitas belajar siswa yang mencapai 77.60 termasuk ke dalam kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif Tipe The Firing Line divariasikan dengan aksara bermakna efektif digunakan pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 200 |
Keywords: | EFEKTIVITAS; STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE FIRING LINE; AKSARA BERMAKNA; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27091 |