Lingga, Elviana (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA SMA PANCA BUDI MEDAN PADA SUB MATERI KULTUR JARINGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141018 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 4133141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 4133141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM. 4133141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 4133141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM. 4133141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 4133141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 4133141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM. 4133141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM. 4133141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 4133141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa pada sub materi Kultur Jaringan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA SMA Panca Budi Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 71 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana kelas XI MIA 2 diajar menggunakan media video (kelas Eksperimen), dan kelas XI MIA 1 diajar menggunakan powerpoint (Kelas Kontrol). Instrumen yang digunakan berjumlah 25 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran adalah 81,37 ± 8,17 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media powerpoint yaitu 70,88 ± 9,56. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (4,973 > 1,997), yang berarti dalam penelitian ini H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar media video pembelajaran pada submateri Kultur Jaringan di kelas XI MIA SMA Panca Budi Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 230 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, VIDEO PEMBELAJARAN, POWERPOINT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27065 |