Minarni (2017) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SMA/MA SE-KECAMATAN MEDAN TEMBUNG SEMESTER GENAP T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131131020 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
2. NIM. 3131131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 3131131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 3131131020 AUTHENTIC LETTER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. NIM. 3131131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. NIM. 3131131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
7. NIM. 3131131020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 3131131020 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 3131131020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
10. NIM. 3131131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
16. NIM. 3131131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru geografi dalam aspek perencenaan pembelajaran di SMA/MA Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung Semester Genap T.P 2016/2017. (2) mengetahui kompetensi pedagogik guru geografi dalam aspek pelaksanaan pembelajaran di SMA/MA Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung Semester Genap T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan pada tahun 2017 di SMA/MA Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi Se-Kecamatan Medan Tembung yang berjumlah 6 orang. Mengingat jumlah populasi yang terbatas, maka populasi dijadikan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru geografi dalam aspek perencanaan (identitas mata pelajaran, perumusan indikator, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan media ajar, metode pembelajaran, skenario pembelajaran dan rancangan penilaian authentic) pembelajaran di SMA/MA Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung tergolong dalam kategori baik (85,24). (2) kompetensi pedagogik dalam aspek pelaksanaan meliputi; apersepsi dan motivasi, penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan, penugasaan materi pembelajaran, penerapan strategi pembelajaran yang mendidik, pemanfaatan sumber belajar, pelaksanaan penilaian authentic, pelibatan peserta didik dalam pembelajaran, penggunaan bahasa yang benar dan tepat dan penutup pembelajaran di SMA/MA Negeri Se-Kecamatan Medan Tembung termasuk kategori kurang baik (69,63).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 078 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 11:20 |
Last Modified: | 09 Nov 2017 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27040 |