Diana, Mahyar (2009) PENGARUH STRATEGI PENGORGANISASIAN ISI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA MEDAN TAHUN 2008. Masters thesis, UNIMED.
045020273 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
045020273 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
045020273 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
045020273 - Bab I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
045020273 - Bab V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
045020273 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujiaan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa yang diajar dengan strategi pengorganisasian isi pembelajaran Elaborasi dan strategi pengorganisasian isi pembelajaran berdasarkan urutan buku teks, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah, (3) mengetahui interaksi antara strategi pengorganisasian isi pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi belajar bahasa Inggris mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini betjumlah 160 orang yang berasal dari 4 (empat) kelas mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberilcan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemampuan awal untuk membedakan jenis kemampuan awal yang dimiliki oleh mahasiswa. Tes belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 37 soal saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deslcriptif untuk menyajikan data danstatistik untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji denganmenggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakulcan uji persyaratan analisis data yaitu uj; normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotacis menunjukkan bahwa : (1) basil belajar bahasa Inggris mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pengorganisasian isi pembelajaran Elaborasi lebih tinggi dari pada mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pengorganisasian isi pembelajaran berdasarkan urutan buku teks. Hal ini ditunjukkan oleh Fbitang = 52,13 > Ftabd = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1,76). (2) mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi mperoleh belajar bahasa Inggris yang lela tinggi dan pada mahasiswa yang memiliki kemampuan awal renda.1. Hal ini ditunjukkan oleh Fhituag = 516,63 > Ftabd = 3,12 pada taraf sigtifilcan a = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pengorganisasian isi pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi belajar bahasa Inggris mahasiswa. Hal iii ditunjukkan oleh Fhitung = 118,51 > Ftabd = 3,12 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,76).Hasil penelitian menunjulckan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris,strategi pembelajaran elaborasi tepat di gunakan bagi siswa dengan kemampuan awal tinggi.siswa yang meiliki kemampuan awal rendah lebih efektif di belajarkan dengan strategi pembelajaran buku teks
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Mah p |
Keywords: | Pembelajaran; Hasil Belajar; Mahasiswa; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2703 |