Sembiring, Santa Klara (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TIGALINGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133131047 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 3133131047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
3.NIM. 3133131047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 3133131047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 3133131047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 3133131047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 3133131047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8.NIM. 3133131047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 3133131047 BAB I.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 3133131047 BAB VI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15. NIM. 3133131047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui gambaran implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tigalingga.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigalingga tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Geografi yang ada di SMA Negeri 1 Tigalingga dan sekaligus ditetapkan sebagai sampel yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan teknik komunikasi langsung melalui observasi dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif.
Implementasi pendidikan karakter dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tigalingga telah mengintegrasikan 7 nilai karakter yaitu: (1) Jujur (2) Toleransi (3) Disiplin (4) Kerja Keras (5) Bersahabat/Komunikatif (6) Rasa Ingin Tahu dan (7) Tanggung Jawab. Sedangkan, pada pelaksanaan pembelajaran telah mengintegrasikan 13 nilai karakter yaitu: (1) Religus (2) Jujur (3) Toleransi (4) Disiplin (5) Kerja Keras (6) Mandiri (7) Demokratis (8) Rasa Ingin Tahu (9) Menghargai Prestasi (10) Bersahabat/Komunikatif (11) Gemar Membaca (12) Peduli Lingkungan (13) Tanggung Jawab. Namun, pada evaluasi pembelajaran hanya mengintegrasikan pengamatan karakter siswa secara terus-menerus tanpa menggunakan alat evaluasi dan format evaluasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 105 |
Keywords: | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 11:06 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27015 |