Sarumaha, Line Kristini (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X IS-2 SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
4. NIM. 3133131027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM. 3133131027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 3133131027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM. 3133131027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 3133131027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 3133131027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 3133131027 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 3133131027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 3133131027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 3133131027 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM. 3133131027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi hidrologi di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrologi di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 37 orang dengan objek penelitian peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan lembar kerja siswa. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi hidrosfer di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan T.A. 2016/2017. Hal ini ditunjukkan pada siklus I aktivitas belajar siswa 69.13% dengan rata-rata 2.07 kategori baik (2.01 – 3.00) meningkat menjadi 77.4% dengan rata-rata 2.32 kategori baik (2.01 – 3.00) di siklus II. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 8.27% dengan rata-rata 0.25. (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13.4% dari 75.7% pada siklus I menjadi 89.1% pada siklus II dengan peningkatan sikap siswa sebesar 13.26% dari 61.64% pada siklus I menjadi 74.90% pada siklus II dan peningkatan keterampilan siswa sebesar 14.06% dari 58.16% pada siklus I menjadi 72.22% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 112 |
Keywords: | Model Jigsaw, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 11:03 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27007 |