Ginting, Masta (2016) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060948 MEDAN LABUHAN. Jurnal School Education, 05 (01). pp. 13-21. ISSN 2355-1720
Reviewer.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas IV SD Negeri 060948 Medan Labuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan angket. Pada siklus I diperoleh data dari 30 orang siswa, terdapat 4 orang (13,3%) yang memperoleh kriteria kurang, 9 orang siswa (30%) memperoleh kriteria cukup dan hanya terdapat 17 orang siswa (56,7%) yang memperoleh kriteria baik dan persentase tingkat motivasi belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 56,7%. Pada siklus II terdapat 3 orang siswa (10%) memperoleh kriteria cukup, 20 orang siswa (66,7%) yang memperoleh kriteria baik dan 7 orang (23,3%) memperoleh kriteria sangat baik, dengan persentase tingkat motivasi belajar secara klasikal yaitu 90%. Dari 30 orang siswa, hasil dari nilai rata-rata angket siswa pada siklus I yaitu 75,36 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,03.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Sains; Motivasi belajar; Model pembelajaran; Contextual teaching learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 03:30 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27006 |