Nababan, Imelda (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172019 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 8126172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 8126172019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM. 8126172019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. NIM. 8126172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM. 8126172019 TABLES.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. NIM. 8126172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 8126172019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
12. NIM. 8126172019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 8126172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif yang dikembangkan berbasis PMR, (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Thiagarajan, Semmel , yaitu model 4-D. Subjek pada uji keterbacaan adalah siswa kelas IXA. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_A. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Rata-rata total validitas ditunjukkan oleh 5 orang validator, untuk RPP: 4,39, LAS: 4,43, buku Siswa: 4,56; buku guru: 4,3, tes hasil belajar: valid, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil sudah memenuhi kriteria kepraktisan yaitu: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,49; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27 (3) Efektivitas dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal 88,89 , 90% siswa memberikan respon positif dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan pembelajaran biasa . Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nab p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pendekatan Matematika Realistik; Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 13:58 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26984 |