Sinaga, Handayani PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDAR KHALIPAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171034 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8146171034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 8146171034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 8146171034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM. 8146171034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 8146171034 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 8146171034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 8146171034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
12. NIM. 8146171034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM. 8146171034 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) efektifitas produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA N.1 Bandar Khalipah; 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Bandar Khalipah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan di kelas X Mia 1 dan X Mia 2 SMA Negeri 1 Bandar Khalipah. Dari hasil ujicoba 1 dan ujicoba 2 diperoleh : 1) Perangkat yang dikembangkan adalah valid dan praktis, Hal ini diperoleh dari hasil penilaian ahli/validator dan praktisi (guru) serta data respon siswa yang positif; 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, ditinjau dari : a) ketuntasan secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) ketercapaian waktu pembelajaran; dan 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sin p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Model 4-D; Inkuiri; Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26972 |