Harahap, Gustriyani (2017) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 SURO KABUPATEN ACEH SINGKIL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132068 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 8156132068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 8156132068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8156132068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 8156132068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 8156132068 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 8156132068 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 8156132068 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 8156132068 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
10. NIM. 8156132068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM. 8156132068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
15. NIM. 8156132068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Klinis di SMA Negeri 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil. Subjek penelitian ini adalah guru–guru rumpun Ilmu Sosial pada SMA Negeri 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil yang berjumlah 5 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pedoman wawancara dan daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 33. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi klinis digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah dilakukan supervisi klinis pada siklus I tergolong dalam kategori kurang dengan nilai 72,2 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 86,2 . Penilaian kegiatan supervisi klinis pada siklus I tergolong sangat baik dengan nilai 95,2 dan pada siklus II juga tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai 97,4. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu pelaksanaan supervisi klinis dalam upaya membantu guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Har p |
Keywords: | Kompetensi Guru; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); Supervisi Klinis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 04 Nov 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26965 |