Ersalinda (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOKIMIA MATERI KARBOHIDRAT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SESUAI KURIKULUM KKNI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156142003 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 8156142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8156142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8156142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM. 8156142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 8156142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7. NIM. 8156142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
8. NIM. 8156142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM. 8156142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8156142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 8156142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar Biokimia materi karbohidrat terintegrasi model problem based learning (PBL)sesuai kurikulum KKNI di prodi Agroteknologi fakultas Pertanian Universitas Graha Nusantara. Populasi penelitian adalah semua buku Biokimia yang digunakan di prodi Agroteknologi, semua dosen Biokimia di Unimed dan UGN, serta mahasiswa prodi Agroteknologi semester II yang mengambil mata kuliah Biokimia sejumlah 25 orang. Peneltian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang terdiri dari;(1) tahap awal analisis buku Biokimia; (2) tahap pengembangan bahan ajar terintegrasi PBL sesuai kurikulum KKNI; (3) tahap validasi sesuai standart kelayakan BSNP (modifikasi); (4) Revisi dan (5) tahap uji coba. Data dianalisis secara deskritftif. Hasil penelitian tahap awal buku Biokimia diperoleh nilai rata-rata kelayakan 3,09 termasuk kategori layak, tetapi belum terintegrasi PBL dan belum sesuai kurikulum KKNI. Hasil validasi kelayakan bahan ajar yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata 3,28 termasuk kategori sanat layak dan respon mahasiswa diperoleh 3,28termasuk kategori sangat layak. Hasil ujicoba bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan rata-rata aktivitas mahasiswa sebesar 66,04 termasuk kategori aktif dan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan nilai gain diperoleh sebesar 0,65 (65%) termasuk kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Ers p |
Keywords: | Bahan ajar; Biokimia materi karbohidrat; Model problem based learning; Kurikulum KKNI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:54 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26959 |