Nehe, Mawarni (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172022 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. NIM. 8156172022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM. 8156172022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 8156172022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 8156172022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 8156172022 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 8156172022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 8156172022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
12. NIM. 8156172022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 8156172022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Pengembangan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, efektif berbasis CTL berbantuan autograph; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Telukdalam dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan dan berbasis CTL berbantuan autograph. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis CTL ini menggunakan model 4-D yang meliputi proses tahapan define, design, develop, dan disseminate. Hasil tahap pendefenisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran. Selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba kelapangan untuk melihat kepraktisan dan efektivitasnya. Uji coba I di KELAS X-IA1 dan uji coba II di kelas X-IA3. Dari hasil uji coba diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,506, Buku Siswa = 4,687, LKS = 4,412. Tes kemampuan pemecahan masalah dalam kategori valid dengan reliabilitas sebesar 0,87; 2) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari (a) penilaian terhadap kemampuan guru melaksanakan pembelajaran kategori sangat baik; (b) penilaian terhadap kemampuan siswa mengikuti pembelajaran kategori sangat baik; 3) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa memenuhi ketuntasan klasikal, pencapaian persentase waktu ideal, dan hasil angket respon siswa, 4) rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0,47 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Neh p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Pendekatan CTL; Sautograph; Model pengembangan 4-D; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:54 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26956 |