Elizabeth (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA NEGERI 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8156173004 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
03. NIM 8156173004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
04 NIM 8156173004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
05 NIM 8156173004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
06 NIM 8156173004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
07 NIM 8156173004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08 NIM 8156173004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
09 NIM 8156173004 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13 NIM 8156173004 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14 NIM 8156173004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelatif dengan teknik analisis korelasi regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan prosedural dan metakognitif dengan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 128 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes pengetahuan prosedural, hasil belajar dan angket metakognitif dan sikap ilmiah. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan prosedural dengan hasil belajar biologi siswa (r = 0,227, R2x1y = 0,052, P =0,010); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan metakognitif dengan hasil belajar (r = 0,423, R2x2y = 0,179, P = 0,000); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan prosedural siswa dengan sikap ilmiah (r = 0,230, R2x3y = 0,053, P= 0,009); (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara metakognitif siswa dengan sikap ilmiah (r = 0,425, R2x4y = 0,181, P= 0,000); (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan prosedural dan metakognitif dengan hasil belajar (r = 0,444, R2x5y = 0,197, P=0,000); (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan prosedural dan metakognitif dengan sikap ilmiah (r = 0,446, R2x6y = 0,199, P=0,000). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan prosedural dan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.970 712 Eli h |
Keywords: | Pengetahuan prosedural; Metakognitif; Hasil belajar kognitif; Sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:48 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26944 |