Sihotang, Junaini (2009) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
061188230036 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
061188230036 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
061188230036 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
061188230036 - Bab I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
061188230036 - Bab V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
061188230036 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahaui hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang diajar dengan pendekatan komunikatif dan siswa yang diajar dengan pendekatan struktural, mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi dan siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah serta mengetahui apakah ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan Motivasi Belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa.Penelitian ini merupakan quasi experimental research yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 120 orang siswa dan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dengan cluster random sampling yang terdiri dari 40 orang siswa kelas IX IPA dengan pendekatan komunikatif dan 34 orang siswa kelas IX dengan pendekatan struktural. Tes diberikan kepada siswa untuk mengklasifikasikan Motivasi Belajar yang dimiliki siswa yaitu Motivasi Belajar tinggi dan rendah. Untuk tes Motivasi Belajar tes terlebih dahulu di uji cobakan, dan berdasarkan uji cobs tes dari 40 tes terdapat 36 tes yang valid dan 4 tes yang tidak valid. Untuk menguji hipotesis, hasil belajar bahasa Inggris digunakan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi dan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA 2 jalur, sebelum ANAVA 2 jalur digunalcan terlebih dahulu dilakukan uji analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunalcan untuk hasil belajar bahasa Inggris adalah pilihan berganda yang berjumlah 36 butir soal dimana reliabilitas tes yaitu 0,852 yang menggtmalcan rumus K—R 20.Hasil pengujian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan komunikatif memiliki hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan strulctural. Ini ditunjukkan dari= 58,74 > Ftabeigko5) = 3,968 pada taraf signifikan a = 0,05. Siswa yang memiliki kemampuan Motivasi Belajar tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah. Ini ditunjukkan dari= 37,81 < Ftsbewtop = 3,968 pada taraf signifikan a = 0,05. Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap basil belajar bahasa Inggris. Ini ditunjukkan dari Fig = 13,61 lebih besar dari Ftabeigkos) = 3,968 pada taraf signifikan a = 0,05. Hipotesis telah menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan komunikatif akan mendapat hasil belajar yang lebih tinggi dibandinglcan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan struktural. Siswa yang memilild Motivasi Belajar renclah akan memberikan hasil belajar yang lebih tinggi jika diajarkan dengan pendekatan struktural dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pendekatan komunikatif. ABSTRACT
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.154 Sih p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Bahasa Inggris; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2691 |