HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TEORI AERODROME CONTROL PROCEDURES, KONSEP DIRI DAN FREKUENSI LATIHAN DENGAN KETERAMPILAN MEMANDU LALU LINTAS UDARA

Hutabarat, Liber Tommy (2009) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TEORI AERODROME CONTROL PROCEDURES, KONSEP DIRI DAN FREKUENSI LATIHAN DENGAN KETERAMPILAN MEMANDU LALU LINTAS UDARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061188230058 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
061188230058 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 061188230058 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
061188230058 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 061188230058 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
061188230058 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 061188230058 - Bab I.pdf]
Preview
Text
061188230058 - Bab I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 061188230058 - Bab V.pdf]
Preview
Text
061188230058 - Bab V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 061188230058 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
061188230058 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan teori aerodrome control procedures dengan keterampilan memandu lalu lintas udara, konsep diri dengan keterampilan memandu lalu lintas udara, frekuensi latihan dengan keterampilan memandu lalu lintas udara serta penguasaan teori aerodrome control procedures, konsep diri dan frekuensi latihan secara bersama-sama dengan keterampilan memandu lalu lintas udara.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis korelasional karena melihat hubungan antara variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 orang, serta yang terlibat dalam sampel sebanyak 50 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes untuk penguasaan teori aerodrome control procedures, kuisioner untuk konsep diri, angket untuk frekuensi latihan dan lembar pengamatan untuk keterampilan memandu lalu lintas udara. Hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa instrumen penguasaan teori aerodrome control procedures memiliki koefisien keterandalan 0,871 dan ilistrumen konsep diri memiliki koefisien keterandalan 0,92. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi dan korelasi.Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan teori aerodrome control procedures dengan keterampilan memandu lalu lintas udara ditunjukkan oleh korelasi sebesar 0,6648 dengan persamaan garis regresi Y = 58,385+0,5238X1; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan keterampilan memandu lalu lintas udara ditunjukkan oleh korelasi sebesar 0,5825 dengan persamaan garis regresi Y = 35,3398+0,1673X2; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara frekuensi latihan dengan keterampilan memandu lalu lintas udara ditunjukkan oleh korelasi sebesar 0,4159 dengan persamaan garis regresi Y = 66,666+0,1412X3; (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan teori aerodrome control procedures, konsep diri dan frekuensi latihan secara bersama-sama dengan keterampilan memandu lalu lintas udara ditunjukkan oleh korelasi ganda sebesar 0,7401 dengan persamaan garis regresi ganda Y = 40,089 + 0,3322X1+ 0,0964X2 + 0,0586X3. Koefisien determinasi korelasi ganda menunjukkan 0,5478, angka ini berarti 54,78% variasi yang mempengaruhi keterampilan memandu lalu lintas udara dapat dijelaskan oleh penguasaan teori aerodrome control procedures, konsep dan frekuensi latihan secara bersama-sama. Berdasarkan temuan penelitian ini aspek kognitif dan psikologis diri taruna sangat penting untuk diperhatikan oleh jajaran di Sekolah Ting& Penerbangan Indonesia dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, sebab aspek tersebut memiliki pengaruh sangat besar terhadap keterampilan memandu lalu lintas udara. Selanjutnya para taruna hams mampu mengelola waktu dan usaha yang ditempuh untuk meningkatkan penguasaan materi dan sikap untuk mengembangkan konsep diri yang positif serta melakukan tindakan latihan secara kontinu dan berarti untuk mendukung peningkatan keterampilan memandu lalu lintas udara selama mengikuti proses pendidikan dan pelatihan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 629.136 607 Hut h
Keywords: Teori Aerodrome; Control Procedure; Konsep Diri
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL500 Aeronautics. Aeronautical engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 23 May 2016 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item
View Item