Simbolon, Tio Masni Magdalena (2017) PENGARUH KOMBINASI MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN STRUCTURE EXCERCISE METHOD (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331031 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4133331031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM 4133331031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM 4133331031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 4133331031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 4133331031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 4133331031 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4133331031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM 4133331031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM 4133331031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 4133331031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa lebih tinggi menggunakan kombinasi model kooperatif tipe snowball throwing dengan structure exercise method pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tebing Tinggi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas. Masing - masing kelas terdiri atas 36 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen diajarkan menggunakan kombinasi model kooperatif tipe snowball throwing dengan structure exercise method (SEM) dan siswa pada kelas kontrol diajarkan menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing tanpa SEM. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 6,57 sedangkan ttabel = 1,66 untuk α = 0.05 dan dk = 70. Dengan demikian thitung > ttabel maka uji hipotesis hasil belajar tolak Ho dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulan bahwa kombinasi model kooperatif tipe snowball throwing dengan structure exercise method (SEM) memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 230 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Snowball Throwing; Structure Exercise Method |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26851 |