PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN KURIKULUM 2013

Dirga, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133331011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133331011 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133331011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133331011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133331011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133331011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133331011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133331011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133331011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133331011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133331011 TABLES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133331011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133331011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133331011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133331011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133331011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133331011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133331011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133331011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133331011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah bahan ajar materi bentuk
molekul pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan
Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) apakah modul yang dikembangkan
memenuhi kriteria BSNP; 3) apakah uji coba modul berbasis masalah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa; 4) apakah hasil belajar siswa menggunakan
modul berbasis masalah lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan
terhadap siswa kelas XI SMA Swasta An-Nizam Medan. Populasi yaitu seluruh
siswa kelas XI SMA Swata An-Nizam Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel
ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai
kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Development
Research (Penelitian Pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan
ajar pada materi bentuk molekul pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah
memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2)
modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu
kelayakan isi = 3,56; kelayakan bahasa = 3,65; kelayakan penyajian = 3,69;
kelayakan kegrafikaan = 3,72 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) uji
coba modul berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar
80%; (4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis masalah lebih besar
dari harga KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 234
Keywords: Development research;modul;pembelajaran berbasis masalah;hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:13
Last Modified: 30 Oct 2017 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item
View Item