Dirga, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI BENTUK MOLEKUL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331011 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 4133331011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4133331011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 4133331011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM. 4133331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM. 4133331011 TABLES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM. 4133331011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 4133331011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 4133331011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
13. NIM. 4133331011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM. 4133331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah bahan ajar materi bentuk
molekul pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan
Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) apakah modul yang dikembangkan
memenuhi kriteria BSNP; 3) apakah uji coba modul berbasis masalah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa; 4) apakah hasil belajar siswa menggunakan
modul berbasis masalah lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan
terhadap siswa kelas XI SMA Swasta An-Nizam Medan. Populasi yaitu seluruh
siswa kelas XI SMA Swata An-Nizam Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel
ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai
kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Development
Research (Penelitian Pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan
ajar pada materi bentuk molekul pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah
memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2)
modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu
kelayakan isi = 3,56; kelayakan bahasa = 3,65; kelayakan penyajian = 3,69;
kelayakan kegrafikaan = 3,72 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) uji
coba modul berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar
80%; (4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis masalah lebih besar
dari harga KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 234 |
Keywords: | Development research;modul;pembelajaran berbasis masalah;hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:13 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26847 |