EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOLOID MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC

Hutabarat, Bilson (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOLOID MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133331025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133331025 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133331025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133331025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133331025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133331025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133331025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133331025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133331025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133331025 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  4133331025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133331025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133331025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133331025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133331025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133331025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133331025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133331025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133331025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133331025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
yang diajar dengan menggunakan media macromedia flash dan power point pada
pembelajaran koloid melalui pendekatan scientific. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik random sampling, yakni kelas XI IPA1 sebagai kelas
eksperimen I diberi pengajaran menggunakan media Macromedia Flash melalui
pendekatan scientific dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen II diberi
pengajaran menggunakan media Power Point melalui pendekatan scientific yang
masing-masing terdiri dari 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif
dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Hasil
penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest sebesar 30,29
± 11,80 dan nilai rata-rata postest adalah 84,12 ± 5,57 sedangkan nilai rata-rata
pretest untuk kelas eksperimen II adalah 25,59 ± 9,11 dan nilai rata-rata postest
adalah 75,59 ± 6,37. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I diperoleh 0,77 dan
nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen II adalah 0,68. Persentase peningkatan
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I adalah 76,6% sedangkan pada kelas
eksperimen II adalah 67,88%, persen efektivitas pembelajaran menggunakan
media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific adalah 11,39%. Hasil uji t
pihak kanan diperoleh thitung= 5,235 dan ttabel = 1,6697, sehingga Ha diterima
dan Ho ditolak. Peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran koloid
dengan media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi
daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diberi pembelajaran dengan
media Power Point melalui pendekatan scientific

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 238
Keywords: HASIL BELAJAR, KOLOID, MACROMEDIA FLASH, POWER POINT, PENDEKATAN SCIENTIFIC
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:12
Last Modified: 30 Oct 2017 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item
View Item