Hutabarat, Bilson (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KOLOID MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331025 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4133331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
4. NIM. 4133331025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
3. NIM. 4133331025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
5. NIM. 4133331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4133331025 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 4133331025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM. 4133331025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 4133331025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
13. NIM. 4133331025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14. NIM. 4133331025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
yang diajar dengan menggunakan media macromedia flash dan power point pada
pembelajaran koloid melalui pendekatan scientific. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik random sampling, yakni kelas XI IPA1 sebagai kelas
eksperimen I diberi pengajaran menggunakan media Macromedia Flash melalui
pendekatan scientific dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen II diberi
pengajaran menggunakan media Power Point melalui pendekatan scientific yang
masing-masing terdiri dari 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif
dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Hasil
penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen I nilai rata-rata pretest sebesar 30,29
± 11,80 dan nilai rata-rata postest adalah 84,12 ± 5,57 sedangkan nilai rata-rata
pretest untuk kelas eksperimen II adalah 25,59 ± 9,11 dan nilai rata-rata postest
adalah 75,59 ± 6,37. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I diperoleh 0,77 dan
nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen II adalah 0,68. Persentase peningkatan
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I adalah 76,6% sedangkan pada kelas
eksperimen II adalah 67,88%, persen efektivitas pembelajaran menggunakan
media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific adalah 11,39%. Hasil uji t
pihak kanan diperoleh thitung= 5,235 dan ttabel = 1,6697, sehingga Ha diterima
dan Ho ditolak. Peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran koloid
dengan media Macromedia Flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi
daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diberi pembelajaran dengan
media Power Point melalui pendekatan scientific
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 238 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, KOLOID, MACROMEDIA FLASH, POWER POINT, PENDEKATAN SCIENTIFIC |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:12 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26843 |