MODEL PENINGKATAN DAYA SAING LULUSAN MELALUI PENERAPAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI DI UNIVERSITAS SWASTA SUMATERA UTARA

Siregar, Zulkarnain and Teviana, T. and Nasution, Armin Rahmansyah (2016) MODEL PENINGKATAN DAYA SAING LULUSAN MELALUI PENERAPAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI DI UNIVERSITAS SWASTA SUMATERA UTARA. Project Report. FE Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer 1.pdf]
Preview
Text
Reviewer 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer 2.pdf]
Preview
Text
Reviewer 2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan jangka panjang untuk meningkatkan kualitas lulusan berdasarkan pengelolaan organisasi pendidikan tinggi. Kualitas lulusan ditentukan dari kepemimpinan, Perencanaan strategi, sarana dan prasarana, Sumberdaya manusia (dosen), kurikulum dan implementasi Tridharma perguruan tinggi. Kesiapan lulusan untuk memasuki dunia kerja ditentukan oleh faktor-faktor tersebut. Sehingga hasil penelitian ini akan menjadi sebuah model peningkatan kualitas lulusan. Berdasarkan jangka panjang yang akan dicapai tersebut maka penelitian ini juga akan menjadi target khusus dimana target khususnya adalah untuk melihat pengaruh kepemimpinan, Perencanaan Strategi, sarana dan prasarana, Sumberdaya manusia (dosen) serta kurikulum dalam penerapan Tridharrna Pcrguruan Tinggi terhadap Peningkatan daya saing lulusan. Dimana, dengan penelitian ini akan dilihat link and match kurikulum dan penerapan Tridharma PT yang akan menghasilkan kualitas lulusan yang baik. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk mengidentifikasi akar permasalahan yang terjadi terhadap peningkatan daya saing Lulusan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara. Dimana, nantinya akan diuji menggunakan analisis statistik untuk mengukur variabel-variabel dan keterkaitannya antar variabel tersebut. Variabel penelitian ini dikembangkan dari Selanjutnya Hipotesis yang akan diuji adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Kepemimpinan, Perencanaan strategi, Sarana dan Prasarana, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, dan Tridharma Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan daya saing Lulusan Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara. Untuk dapat melaksanakan kegiuatan ini sesuai dengan tujuannya maka dilakukan beberapa tahapan yaitu (1) menyusun kuesioner. (2) menguji kuesioner yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. (3) setelah diuji maka dilakukan pengumpulan data di perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara menggunakan purpose sampling (Sampling acak). Dan (4). Untuk melihat keterkaitan antara variabel tersebut maka dalam pelaksanaan menganalisa data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM).

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Kepemimpinan; Sumber daya manusia; Kurikulum; Kualitas lulusan; Perencanaan strategi; Sarana prasarana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:05
Last Modified: 27 Oct 2017 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26831

Actions (login required)

View Item
View Item