Kalsum, Umi (2012) KONTRIBUSI PENGAWASAN INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA SEKOLAH DI SMP NEGERI TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
065030607 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
065030607 Abstrak.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
065030607 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
065030607 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
065030607 Bab V.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
065030607 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana kontribusi pengawasan baik internal maupun ekstemal dengan kinerja sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se Kota Tebing Tinggi. Pengawasan dikatakan memberikan konstribusi apabila pengawasan memberi dampak positif terhadap peningkatan kinerja seluruh personil terutarna guru di sekolah.Penelitian ini menggunakan metode inferensial, populasi penelitian adalah seluruh guru-guru di SMP Negeri yang terdapat di Kota Tebing Tinggi. Sampel penelitian sebanyak 92 responden yang berasal dari sepuluh (10) SMP Negeri yang ada di Kota Tebing Tinggi yang ditentukan dengan proposional random sampling dan pengambilan data menggunakan angket, yang disusun dengan mengacu pada indicator-indicator tentang pengawasan internal, eksternal dan kinerja sekolah. Angket terdiri dari 52 indikator. Sumber data pada penelitian ini adalah guru. Analisis data menggunakan teknik analisis inferensial terdiri dari analisis kolerasi Kendal tau dan Analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan internal maupun pengawasan eksternal memberikan konstribusi yang sangat signifikan terhadap peningkatan kinerja sekolah di seluruh SMP Negeri yang ada di Kota Tebing Tinggi. Artinya secara umum SMP Negeri di Kota Tebing Tinggi telah merasakan manfaat berupa peningkatan kinerja personil sekolah terutama guru dengan adanya pengawasan yang dilakukan baik secara internal maupun eksternal. Hasil analisis data menggunakan analisis kolerasi Kendal tau (r) menunjukkan bahwa pengawasan internal memberi kontribusi sebesar 37,60 % terhadap kinerja sekolah dengan tingkat kepercayaan 0,5 %. Sedangkan pengawasan ekstemal memberi sumbangan sebesar 31 % terhadap kinerja sekolah dengan tingkat kepercayaan 0,5 %. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengawasan internal memberi kontribusi yang positif dan signifikan sebesar 0,6061 % terhadap kinerja sekolah, dan pengawasan eksternal memberi kontribusi yang positif dan signifikan sebesar 0,4081 atau 40,81 % terhadap kinerja sekolah.Disarankan kepada setiap sekolah agar mengoptimalkan peran pengawasan, baik itu pengawasan internal maupun pengawasan ekstemal untuk lebih meningkatkan kinerja sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Umi k |
Keywords: | Pengawasan internal; Pengawasan eksternal; Kinerja sekolah; Command and control systems |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2683 |