hasibuan, Novita Trianto (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT BERBASIS MULTIKULTURALISME UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156192022 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2 NIM. 8156192022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3 NIM. 8156192022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4 NIM. 8156192022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5 NIM. 8156192022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6 NIM. 8156192022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM. 8156192022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8 NIM. 8156192022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 NIM. 8156192022 BAB I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
13 NIM. 8156192022 BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14 NIM. 8156192022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kelayakan bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme, (2) hasil belajar siswa kelas VIII di
SMP Kota Medan yaitu pada SMP N 27 Medan dan SMP S Taman Harapan Medan pada materi keterampilan membaca cepat dengan pengembangan bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme, dan (3) keefektifan bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, Siswa SMP di kota Medan pada SMP N 27 Medan dan SMP S Taman Harapan Medan, yaitu pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 85,29% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 84,61% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata kelayakan bahasa dengan rata-rata 86,53% dengan kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,83% dengan kriteria sangat baik. (3) Data tanggapan guru bahasa Indonesia dengan ratarata 94,16% dengan kriteria sangat baik. (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 89,2%
pada kriteria sangat baik. (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 90% pada sekolah
SMP Negeri 27 dan rata-rata 93,59 pasa sekolah Swasta Taman Harapan Medan dengan
kriteria sangat baik. (6) uji coba kelompok terbatas dengan rata-rata 91% pada SMP Negeri 27 Medan dan rata-rata 94,35% pada sekolah SMP Swasta Taman Harapan Medan dengan kriteria sangat baik. (7) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar dengan kecepatan membaca 158 kpm (belum tuntas) pada SMP Negeri 27 Medan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar sebesar 223 kpm (tuntas), selanjutnya pada SMP Taman Harapan Medan terdapat kecepatan membaca 132 kpm (belum tuntas) sebelum menggunakan bahan ajar, dan kecepatan membaca sebesar 248 kpm setelah menggunakan bahan ajar. (8) keefektifan bahan ajar dengan kriteria baik. Dengan demikian bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 12 Has p |
Keywords: | Bahan ajar; Membaca cepat; Multikulturalisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 16:07 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26815 |