Tampubolon, Fransiska Karolina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU EKONOMI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI KECAMATAN SIDIKALANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132011 COVER.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
2. NIM. 8156132011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 8156132011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 8156132011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 8156132011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 8156132011 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156132011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8. NIM. 8156132011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 8156132011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM. 8156132011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 8156132011 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk membantu guru ekonomi dalam menyusun RPP model kooperatif tipe make a match dan meningkatkan kemampuan guru ekonomi menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe make a matcth melalui supervisi klinis di SMA Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek Penelitian ini adalah guru ekonomi sebanyak 5 (lima) orang, yang terdiri atas 3 (tiga) orang guru ekonomi di SMA Negeri 1 Sidikalang dan 2 (dua) orang guru di SMA Negeri 2 Sidikalang. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan guru ekonomi menerapkan model pembelajaran make a match dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi atau tahap balikan. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 82.08 dengan kategori baik dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91.25 dengan kategori amat baik, dan rata-rata nilai yang diperoleh guru ekonomi dalam penerapan model pembelajaran make a match pada siklus pertamasebesar 70.40 dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai peningkatan yaitu 90.40 dengan kategori amat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru Ekonomi menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di SMA Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Tam p |
Keywords: | Supervisi klinis; Pendekatan kolaboratif; Kemampuan guru ekonomi; MOdel pembelajaran make a match |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 16:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26814 |