HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN KEPERCAYAAN DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DISPOSISI MATEMATIS DAN GENDER SISWA SMK

Maulydia, Siti Syarah (2017) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN KEPERCAYAAN DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DISPOSISI MATEMATIS DAN GENDER SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156171027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156171027 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156171027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156171027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156171027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156171027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156171027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156171027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156171027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156171027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156171027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156171027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156171027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156171027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156171027 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156171027 BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156171027 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156171027 BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156171027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156171027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk (1) Menganalisis apakah ada hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, disposisi matematis dan gender siswa secara simultan; (2) Menganalisis apakah ada hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, disposisi matematis dan gender siswa secara parsial; (3) Mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar dan disposisi matematis siswa; (4) Mengetahui tingkat keeratan hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, disposisi matematis dan gender siswa secara simultan; dan (5) Mengetahui tingkat keeratan hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, disposisi matematis dan gender secara parsial. Metode penelitian ini adalah metode asosiatif dengan hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri di Kota Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah 220 siswa kelas X SMK Negeri di kota Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi matematis, angket kepercayaan diri, angket kemandirian belajar, angket motivasi belajar dan angket disposisi siswa. Analisis data yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi Berganda Dummy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Adanya hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, disposisi matematis dan gender siswa secara simultan; (2) Adanya hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar dan disposisi matematis siswa secara parsial namun tidak terdapat hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan gender siswa; (3) Tingkat kepercayaan diri siswa dari keempat sekolah adalah tinggi; tingkat kemandirian belajar siswa sekolah A, C dan D adalah tinggi sedangkan siswa sekolah B adalah rendah; tingkat motivasi belajar siswa sekolah A dan D adalah tinggi sedangkan siswa sekolah B dan C adalah rendah; dan tingkat disposisi matematis siswa dari keempat sekolah adalah tinggi; (4) Tingkat keeratan hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, disposisi matematis dan gender siswa secara simultan adalah rendah; dan (5) Tingkat keeratan hubungan antara kemampuan representasi matematis dengan kepercayaan diri adalah rendah; dengan kemandirian belajar adalah sangat rendah; dengan motivasi belajar adalah sangat rendah, dan dengan disposisi matematis adalah rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 9 Mau h
Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Kepercayaan Diri; Kemandirian Belajar; Motivasi Belajar; Disposisi Matematis; Gender
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:52
Last Modified: 23 Oct 2017 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item
View Item