Sinaga, Edward (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS BERBASIS PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH LOKAL UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182013 COVER.Pdf.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 8156182013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM 8156182013 ABSTRACT.Pdf.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 8156182013 PREFACE.Pdf.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM 8156182013 TABLE OF CONTENT.Pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 8156182013 TABLES.Pdf.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM 8156182013 ILLUSTRATION.Pdf.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 8156182013 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 8156182013 CHAPTER I.Pdf.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM 8156182013 CHAPTER V.Pdf.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM 8156182013 BIBLIOGRAPHY.Pdf.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar IPS berbasis peninggalan sejarah lokal Simalungun yang layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi “Peninggalan Sejarah”. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan di Kelas IV SD Negeri No. 091317 Pamatang Raya, SD Negeri No.091341 Bintang Mariah, SD Negeri No. 091332 Raya Bayu, dan SD Negeri No. 095160 Sihubu. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang dalam pelaksanaannya meneliti dan menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada. Sampel dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kelas IV SD, berjumlah 102 orang siswa. Buku ajar yang dikembangkan sebelum diuji coba telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian 3 orang validasi ahli, 3 orang tokoh, dan 5 orang praktisi. Hasil Validasi ahli materi (94,44% = sangat baik), ahli bahasa (95,31% = sangat baik), ahli penyajian (98,86% = sangat baik). Hasil validasi tokoh (95%, 92,5%, dan 97,5% = sangat baik), dan hasil validasi praktisi sebagai pelaksana pembelajaran di lokasi penelitian (92,5%; 95%; 90%; 92,5%; 97,5% = sangat baik). Buku ajar efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil uji coba pre-test dan post-test. Dari uji coba yang dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan memenuhi ketuntasan minimal sebanyak 90 orang siswa atau 88,24% tuntas belajar. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pre-test dan post-test dianalisis menggunakan N-Gain. Berdasarkan data diperoleh nilai rata-rata Gain sebesar 0,7 dalam kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sin p |
Keywords: | Buku Ajar; Sejarah Lokal; Simalungun |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:34 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26797 |