Dalimunthe, Jusmayarni (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CTL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV SDIT KHAIRUL IMAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181042 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 8156181042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 8156181042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM. 8156181042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 8156181042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 8156181042 TABLES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 8156181042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 8156181042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 8156181042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13. NIM. 8156181042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
14. NIM. 8156181042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual ( Contextual Teaching and Learning / CTL ) dan ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa. (2) Pengaruh perbedaan gaya belajar visual, auditori, dan kinesteti terhadap hasil belajar IPS siswa. (3) Interaksi antara strategi pembelajaran CTL dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah sebahagian peserta didik kelas IVa dan IVb serta IVc Sekolah Dasar SD IT Khairul Imamdan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVa untuk kelas eksperimen sebanyak 43 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan untuk kelas kontrol kelas IVb sebanyak 42 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran kontekstual memberikan hasil belajar peserta didik yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran Ekspositori, hal ini terlihat dari nilai hasil belajar rata – rata diperoleh peserta didik pada kelompok yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual mencapai X ̅ =23.9, sedangkan kelompok peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Ekspositori mencapai X ̅ =20.1; (2) Kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar yang memiliki perbedaan secara signifikan. Hasil analisis varians untuk gaya belajar menunjukkan harga fh sebesar 5.947 lebih besar dari harga f1 sebesar 4.07 pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan α = 0,05.; dan (3) Terdapat interaksi antara metode belajar dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dijunjukkan bahwa fh=16.240> ft = 4.07.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.959 8 Dal p |
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran ekspositori; Hasil belajar; Gaya belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26776 |