Saputra, Indra Jaya (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PRODUKTIF MELALUI PENERAPAN SUPERVISI MODEL SCIENTIFIC DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI SMK NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132072 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 8156132072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
3. NIM. 8156132072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8156132072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 8156132072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8156132072 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8156132072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 8156132072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156132072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM. 8156132072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 8156132072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar mengajar guru produktif melalui penerapan supervisi model scientific dengan pendekatan direktif di SMK Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru produktif berjumlah 5 (lima) orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada keterampilan bertanya siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,25% dengan kategori nilai cukup menjadi 85,63% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan memberi penguatan siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,00% dengan kategori nilai cukup menjadi 86,67% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan mengadakan variasi siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,00% dengan kategori nilai cukup menjadi 89,00% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan menjelaskan siklus I memperoleh nilai rata-rata dari 70,71% dengan kategori nilai cukup menjadi 86,43% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan mengelola kelas siklus I memperoleh nilai rata-rata dari 69,44% dengan kategori nilai cukup menjadi 87,22% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada penelitian ini terjadi peningkatan pada setiap keterampilan dari siklus I dengan nilai rata-rata 71,08% dengan kategori nilai cukup menjadi 86,99% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Dengan demikian penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa supervisi model scientific dengan pendekatan direktif dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru produktif di SMK Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sap p |
Keywords: | Keterampilan Dasar Mengajar; Supervisi Model Scientific; Pendekatan Direktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:30 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26775 |