PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PRODUKTIF MELALUI PENERAPAN SUPERVISI MODEL SCIENTIFIC DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI SMK NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN

Saputra, Indra Jaya (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PRODUKTIF MELALUI PENERAPAN SUPERVISI MODEL SCIENTIFIC DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI SMK NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156132072 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156132072 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156132072 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156132072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156132072 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156132072 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156132072 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156132072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156132072 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156132072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156132072 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156132072 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156132072 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156132072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156132072 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156132072 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156132072 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156132072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156132072 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156132072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156132072 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156132072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar mengajar guru produktif melalui penerapan supervisi model scientific dengan pendekatan direktif di SMK Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah guru produktif berjumlah 5 (lima) orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada keterampilan bertanya siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,25% dengan kategori nilai cukup menjadi 85,63% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan memberi penguatan siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,00% dengan kategori nilai cukup menjadi 86,67% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan mengadakan variasi siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,00% dengan kategori nilai cukup menjadi 89,00% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan menjelaskan siklus I memperoleh nilai rata-rata dari 70,71% dengan kategori nilai cukup menjadi 86,43% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada keterampilan mengelola kelas siklus I memperoleh nilai rata-rata dari 69,44% dengan kategori nilai cukup menjadi 87,22% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Pada penelitian ini terjadi peningkatan pada setiap keterampilan dari siklus I dengan nilai rata-rata 71,08% dengan kategori nilai cukup menjadi 86,99% pada siklus II dengan kategori nilai baik. Dengan demikian penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa supervisi model scientific dengan pendekatan direktif dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru produktif di SMK Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.203 Sap p
Keywords: Keterampilan Dasar Mengajar; Supervisi Model Scientific; Pendekatan Direktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:30
Last Modified: 01 Nov 2017 01:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26775

Actions (login required)

View Item
View Item