Sitio, Lania P. (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER BERBANTU KARTU DAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 2 BALIGE TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132142007_COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 7132142007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 7132142007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 7132142007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 7132142007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7132142007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 7132142007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7132142007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7132142007_BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 7132142007_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 7132142007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas X AK di SMK Negeri 2 Balige. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi
siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together Berbantu
Kartu Dan Question Student di Kelas X Ak SMK Negeri 2 Balige Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige yang terletak di Jln.
Kartini Soposurung pada semester genap Tahun Pembelajaran 2016/2017 dengan
subjek siswa kelas X AK 3 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana
dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes essay serta lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data
dengan data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini pada siklus I diperoleh hasil aktivitas
belajar siswa sebanyak 16 (50%) siswa kategori aktif dan sangat aktif dan pada
siklus II hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 27 (84,37%) orang siswa kategori
sangat aktif dan aktif. Terjadi peningkatan aktifitas sebesar 34,37 telah memenuhi
kriteria ketuntasan yaitu ≥23 atau 80%. Pada hasil tes belajar siswa pretest
diperoleh nilai siswa yang tuntas 13 siswa (40,62%) dengan nilai rata-rata 60,31,
pada siklus I 17 (53,12%) dengan nilai rata-rata 67,03, dan pada siklus II 26
(81,25%) siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum sekolah 70. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Number Head Together
Berbantu Kartu Dan Question Student Have dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar pada standar kompetensi menyusun jurnal penyesuaian di kelas X
Akuntasi SMK Negeri 2 Balige tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 157 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Number Head Together berbantu kartu, question student have |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:41 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26746 |