Fauzi, Fentiyani (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN LITERASI EKONOMI MELALUI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU (PPLT) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7131141039 - SAMPUL.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
07. NIM 7131141039 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM 7131141039 - L. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
08. NIM 7131141039 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
04. NIM 7131141039 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
03. NIM 7131141039 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
05. NIM 7131141039 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
06. NIM 7131141039 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
09. NIM 7131141039 - BAB I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. NIM 7131141039 - BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 7131141039 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, pengaruh langsung konsep diri terhadap minat menjadi guru. Kedua, pengaruh langsung literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru. Ketiga, pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap minat menjadi guru melalui PPLT. Dan keempat, pengaruh tidak langsung literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru melalui PPLT.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 166 mahasiswa dengan 52 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, angket, dan tes. Setiap angket dan tes berisi 25 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan SPSS 20.
Hasil dari penelitian ini yaitu : X3 = 7,002 + 0,367X1 + 0,507X2 + 0,551 dan Y = 2,499 + 0,005X1 + 0,007X2 + 0,003X3 + 0,261. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Pertama, ada pengaruh langsung yang positif signifikan antara konsep diri terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,005. Kedua, ada pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,007. Ketiga, ada pengaruh tidak lansung yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap minat menjadi guru melalui PPLT dengan nilai koefisien jalur 0,0011. Keempat, ada pengaruh tidak lansung yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru melalui PPLT dengan nilai koefisien jalur 0,00152. Masing-masing pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya. Koefisien determinasi (R2) dari konsep diri, literasi ekonomi, dan PPLT terhadap minat menjadi guru adalah 0,932 atau 93,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 136 |
Keywords: | Konsep Diri, Literasi Ekonomi, PPLT, Minat Menjadi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:37 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26734 |