Berutu, Riza Andriani (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X AKUTANSI SMK TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341125 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM. 7133341125 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM. 7133341125 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 7133341125 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM. 7133341125 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM. 7133341125 TABLES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
7. NIM. 7133341125 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 7133341125 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 7133341125 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 7133341125 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14. NIM. 7133341125 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X Akutansi SMK Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tunas Karya Batang Kuis Desa Tanjung Sari Gedung Kec. Batang Kuis ,Batang Kuis - 20372, Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-Akutansi SMK Tunas Karya Batang Kuis yang berjumlah 60 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu 60 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan angket.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Y= 7,138 + 0,498X1 + 0,440X2 berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung (5,778> 1,672) dengan nilai signifikansi 0,00 <α0,05 dan motivasi belajar juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung> ttabel(5,040> 1,672) dengan nilai signifikansi 0,00 <α0,05. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil fhitung> ftabel (34,881 > 3,16) dengan nilai signifikansi 0,00. Variabel status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 069 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua,Motivasi Belajar,dan Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:36 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26731 |