Fahreza, Rivaldi (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA DI SMA ASY-SYAFI'IYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341084 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 4133341084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM 4133341084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4133341084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 4133341084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM 4133341084 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4133341084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. NIM 4133341084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 4133341084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 4133341084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 4133341084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran dengan perlakuan penggunaan Smartphone terhadap hasil belajar siswa pada materi kingdom animalia di kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Untuk memperoleh data hasil belajar digunakan instrumen tes berupa pilihan berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan yang terdiri atas 2 kelas dan berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X1 yang berjumlah 30 orang dan X2 yang berjumlah 30 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Kelas X1 diajar menggunakan penggunaan Smartphone dalam pembelajaran dan kelas X2 diajar dengan metode konvensional. Pengaruh penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung hasil belajar = 3,003 dan tidak terletak antara ttabel = 1,672 sehingga H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Smartphone sebagai media terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi kingdom animalia di SMA Asy-Syafi’iyah Medan tahun pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 155 |
Keywords: | Penggunaan Smartphone, Hasil Belajar, Kingdom Animalia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:37 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26721 |