Sinamo, Benny Antoni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141008 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. NIM 4133141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 4133141008 BIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 4133141008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 4133141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM 4133141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7. NIM 4133141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM 4133141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. NIM 4133141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
10. NIM 4133141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14. NIM 4133141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. NIM 4133141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 19 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data hasil belajar siswa digunakan instrumen tes berupa pilihan berganda, untuk memperoleh data sikap ilmiah digunakan instrumen non tes yang berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 19 Medan yang terdiri atas 6 kelas dan berjumlah 196 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas X2 yang berjumlah 30 orang dan X3 yang berjumlah 31 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 orang. Kelas X2 diajar menggunakan model pebelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching dan kelas X3 diajar dengan metode konvensional. Pengaruh hasil belajar dan sikap ilmiah siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung hasil belajar (postes) = 2,18 dan thitung sikap ilmiah = 4,27, dan masing-masing tidak terletak antara ttabel = 1,981 hingga 1,981 sehingga H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 19 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 156 |
Keywords: | Reciprocal teaching, hasil belajar, sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 15:36 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26720 |